Butir Butir Cinta Pancasila

Pancasila memang luar biasa. Selain bisa berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa, ternyata ia juga mengajarkan tata cara pacaran yang benar untuk kita. Kalau diterapkan dalam kehidupan cinta sehari-hari, dijamin bikin kamu makin disayang. Eits, nggak cuma itu! Selain mendapatkan kadar cintanya yang berlipat ganda, kamu juga bakal awet dengan si dia selamanya. Nggak percaya? Ini dia ulasannya. (put/dat)

Sila Pertama
Ketuhanan Yang Maha Esa
Arti:
Makna sila yang pertama ini sangat berkaitan dengan gaya pacaran yang kalian miliki. Ingat, bumbu-bumbu religi yang tersirat dalam sila ini berguna banget sebagai bekal dan petunjuk menjalin hubungan cinta yang sehat. Jangan sampai model pacaran kalian kelewat batas alias menyalahi aturan agama, ya! Selain dosa, cowok baik-baik juga nggak bakal betah pacaran sama cewek yang melenceng dari sila ini.

Sila Kedua
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Arti:
Dalam pacaran, harus ada proses take and give yang proporsional. Nggak manusiawi banget kan kalau kamu selalu menuntut diperhatikan, tapi tanggal ulang tahun si dia aja lupa? Begitu juga kalau dia lagi mendapat kesulitan. Sebagai partner yang baik, alangkah indahnya kalau kamu turut membantu sebisanya. Dia lagi capek dan nggak pengin kencan malam Minggu ini? Hargai, dong. Dengan selipan bumbu-bumbu seperti ini, hubungan kalian dijamin makin aman dari prahara.

Sila Ketiga
Persatuan Indonesia
Arti:
Pacaran itu melibatkan dua manusia dengan dua badan, dua jiwa, dan dua pikiran. Jadi, nggak heran kalau banyak perbedaan yang membentang di antara kalian berdua saat menjalin hubungan cinta. Tenang, perbedaan nggak selalu sejajar dengan ketidakcocokkan, kok! Justru, inilah tantangannya. Ingat, bhinneka tunggal ika. Kalian memang dua pribadi yang berbeda, tapi tujuannya tetep satu: membangun hubungan dalam satu ikatan cinta. So, dengan rasa saling pengertian, sikap menghargai, plus balutan kasih yang tulus, nggak bakal ada deh yang namanya bertengkar cuma gara-gara beda selera.

Sila Keempat
Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
Arti:
Sila yang satu ini menekankan pada pentingnya musyawarah untuk mencapai mufakat alias kesepakatan. Nah, begitu juga dengan kalian. Kalau ada masalah, entah itu tentang kalian berdua, sekolah, teman, atau bahkan hal-hal remeh lainnya, jangan dipendam sendirian aja. Lebih enak kalau dirembuk dan dipikirkan berdua. Selain dapat masukan yang oke, kalian juga bisa memupuk rasa saling percaya plus mempererat kemesraan. Nggak usah takut merepotkan. Justru, dia makin seneng karena ngerasa dibutuhkan dan bisa ikut ambil bagian dalam hidupmu.

Sila Kelima
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Arti:
Cewek memang terkenal sangat kental dengan persahabatan. Bahkan, ada yang bilang, cewek nggak bisa hidup tanpa curhat dan teman. Percaya deh, para cowok sangat menghargai prinsip kalian itu, kok. Tapi, nggak ada salahnya kan kalau kalian berusaha membagi waktu secara adil dengan pacar juga? Jangan sampai si dia merasa dinomorduakan. Tinggal pintar-pintarnya kalian aja buat bagi waktu. Meski lagi asyik sama hobi atau sibuk banget ngerjain tugas sekolah dan ngurus acara OSIS, masukkan namanya dalam agendamu. At least, SMS atau meneleponnya. Adil, kan?

Diambil dari Aime JawaPos.com

0 komentar: